Rabu, 10 Agustus 2016

Cara Mengajari Belajar Menulis Pada Anak Pra Sekolah


Anak berusia 3 tahun pada umumnya sudah dapat memegang sebuah benda dengan baik termasuk memegang pensil sebagai alat yang digunakannya dalam belajar menulis, mengajari anak menulis sebelum memasuki dunia sekolah penting untuk dilakukan meskipun belum secara sempurna. Hal tersebut dilakukan agar anak menjadi lebih mudah untuk menulis di sekolah nanti, sehingga dapat membantu meringankan tugas guru yang mengajari banyak anak dalam aktifitas belajarnya. Selain itu pada usia 3 tahun kebanyakan dari anak-anak yang gemar mencoret-coret pensil atau pena pada kertas dan bahkan pada dinding serta tempat lainnya yang tampak terlihat oleh mereka dan dapat dijadikan sebagai media untuk menyalurkan kegemarannya.

Diperlukan cara yang kreatif, sehingga dapat menarik perhatian dari si kecil untuk mau belajar menulis bersama dengan anda sebagai orangtuanya. Salah satu cara yang dapat anda lakukan sebelum memulai mengajarinya menulis adalah dengan terlebih dulu mengenalkan huruf-huruf yang perlu untuk diketahui mulai secara bertahap dari A hingga Z. selain mengenalkan huruf mengenalkan angka juga dapat anda berikan, namun tetap sesuaikan dengan kondisi anak terhadap jumlah angka dan huruf yang dapat ia hafalkan setiap harinya. Ada beberapa tips sebagai cara mengajari anak menulis saat usia pra sekolah seperti usia 3 sampai 4 tahun, dan cara tersebut adalah sebagai berikut.

Sebagai dasar yang harus anda lakukan sebelum anak mengembangkan kemampuannya dalam menulis, sebaiknya anda terlebih dulu harus mengajarinya cara memegang pensil dengan benar. Pilihlah ukuran pensil yang sesuai dengan jari jemari mungilnya, karena jika anak sudah tepat saat memegang pensil, maka Ia akan merasa nyaman untuk menggoreskan alat tulis di atas kertas.

Biasakan anak untuk berbincang dengan anda karena hal tersebut dapat memudahkan orang tua dalam memberikan pengajaran kepada anak serta komunikasi yang baik akan membantunya cepat bisa menulis.

Kembangkan kemampuan menulis anak dengan mengenalkan huruf sampai ia mengenalnya dan memahaminya, setelah anak dapat membedakan antara huruf a sampai z, maka akan lebih mudah untuknya belajar menulis.

Cara terlahir adalah jangan terlalu memaksakan anak prasekolah yang belum ingin belajar untuk menulis, karena hal tersebut malah akan meninggalkan trauma, sehingga Ia malas untuk mengembangkan kemampuan menulisnya.

Selain mengikuti cara yang sudah dijelaskan di atas, agar dapat membantu perkembangan otaknya untuk dapat menyerap dan mencerna pengajaran yang telah diberikan, anda dapat memberikan si kecil nutrisi sebagai penunjang aktifitas tersebut seperti susu Dancow explor yang akan memberinya nutrisi baik untuk mengeksplor potensi yang dimilikinya.
Categories: ,